Minggu, 20 Januari 2013

Perangkat keras

 

Perangkat keras untuk mengakses internet (hardware)Presentation Transcript

  • 1. Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet Disusun Oleh: Nurul Wulandari Santi Chairoti Kelas : XI IIA 2
  • 2. 1) KomputerKomputer merupakan komponen utama untukdapat mengkases internet. Spesifikasi komputeryang digunakan dalam koneksi internet sangatmenentukan cepat atau lambatnya kinerja aksesinternet. semakin tinggi spesifikasi sebuahkomputer, semakin cepat kinerja akses internet,begitu pula sebaliknya.
  • 3. 2) Modemalat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Dibagi menjadi 3 : - Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu: Modem Internal: modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Modem Eksternal: merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik. - Modem Kabel Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). - Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
  • 4. 3) Saluran TeleponSaluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. - TV Kabel Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). - ISDN ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital. - Satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit
  • 5. 4) Kabel UTP• Digunakan sebagai penghubung antar komputer, antara komputer dengan switch atau router, dan perangkat jaringan lainnya. 5) Konektor RJ 45 Konektor RJ 45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP
  • 6. 6) Kabel KoaksialDigunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya. 7) Wireless Adapter Digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. Biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika.
  • 7. 8) SwitchDigunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. 9) Router Digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.
  • 8. 10) Ethernet Card (LAN Card)• Digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi.• Ethernet Card disebut juga Network Interface Card (NIC).• Ethernet Card yang berada di pasaran saat ini adalah interface UTP dan BNC yang disebut dengan network card combo.• Jenis-jenis ethernet card antara lain: Ethernet (kemampuan transfer data 10 bps) Fast ethernet (kemampuan transfer data 100 bps) Gigabit ethernet (kemampuan transfer data 1000 bps)

http://www.slideshare.net/NurulWulandari1/perangkat-keras-untuk-mengakses-internet-hardware

Tidak ada komentar:

Posting Komentar